HANDAL | Ahli Sumur Bor Purwokerto | +62 852-2792-0000


ahli sumur bor purwokerto, +62 852-2792-0000

Ahli Sumur Bor Purwokerto - Sumur merupakan salah satu kebutuhan tersier yang dimiliki hampir seluruh rumah terutama di daerah dataran rendah. Sumur telah menjadi pemasok utama air dalam sebuah rumah karena air menjadi satu hal yang sangat penting bagi manusia dan wajib ada dalam kehidupan sehari – hari seperti untuk memasak, mencuci dan mck. Air sendiri memiliki banyak jenis sesuai dengan tingkat kebutuhannya. Berikut beberapa jenis air yang memiliki beda fungsi.

1. Air untuk minum
Air yang digunakan minum adalah air dengan kualitas terjamin karena berfungsi untuk membantu dalam proses pencernaan makanan yang kita makan. Membantu pendoronagn makanan di tenggorokan sehingga bisa masuk kedalam lambung dengan lancar. Oleh karena itu air harus memiliki beberapa syarat agar layak untuk diminum.

- Secara fisik air minum yang baik tidak boleh berwarna dan tidak boleh berbau. Terkutip dari Buckle KA dalam buku Ilmu Pangan tahun 1987, air yang bisa di minum haruslah yang tidak berkeruh dan memiliki suhu air yang lebih rendah dari suhu diluarnya dengan bandingan dalam suhu ruang.

- Secara mikrobiologi syarat air haruslah bebas dari bakteri pathogen (penyebab penyakit). Apa;agi pada air kemasan yang rawan terhadap jenis bakteri ini. Untuk mengetahui kelayakan dan keamanan minuman kemasan harus diuji pada laboraturium.

- Secara kimia air yang bisa diminum adalah air yang memiliki kandungan syarat baik seperti zat besi, mangan dan klorida. Apabila zat tersebut tidak sesuai dengan standar syarat air minum maka akan menimbulkan ketidaseimbangan pada tubuh.

Air minum terbagi menjadi beberapa jenis ditinjau dari air itu berasal.
1. Air keran atau ledeng adalah air yang berasal dari saluran air keran yang dipasang sendiri maupun oleh pemerintah setempat. Air keran / ledeng bisa untuk di minum namun harus di masak dulu dengan benar karena dapat terkandung banyak bakteri bawaan dari tanah.
2. Air botol / kemasan adalah air yang berasal dari hasil proses penyaringan yang di ambil dari sumber mata air. Biasanya diambil dari sumber air di kaki gunung yang bersih dan bening. 
3. Air sulingan adalah air yang di peroleh dari hasil sulingan. Air ini tidak memiliki kandungan yang berarti (kandungan baik dan buruk) didalamnya, maksudnya air sulingan tidak mengandung kontaminan, bakteri, mineral atau nutrisi. Tingkat kemurniannya benar -  benar sangat tinggi, oleh karena itu biasanya digunakan di laboraturium dan pabrik.
4. Air rebusan / air mendidih adalah air yang di dapat dari proses pemanasan untuk membunuh bakteri – bakteri yang terdapat dalam badan air dengan perebusan mencapai suhu 100°. 

2. Air untuk mencuci
Air yang diguankan untuk mencuci tidak semata – mata air yang bersih saja. Tidak jauh berbeda dengan air untuk minum, air yang di gunakan untuk mencuci harus memiliki beberapa syarat kandungan. Jangan asal mengguanakan air, karena air yang mengandung bahan kimia buruk akan merusak serat pakaian. 
Air yang biasa digunakan untuk mencuci antara lain :
Air hujan
Air sungai
Air danau
Air sumur atau yang bersumber dari mata air
Air dari PDAM atau air ledeng

ahli sumur bor purwokerto, +62 852-2792-0000

Kondisi air yang baik digunakan untuk mencuci adalah yang ber-PPM 0 - 50. Artinya jika menggunakan kondisi air yang ber-PPM di atas 50, memiliki resiko merusak serat pakaian dan lain sebagainya.
Yaitu :
Menyebabkan pemakaian detergen atau bahan pencuci menjadi boros
Pada pakaian putih menyebabkan warna kekuning-kuningan
Noda kotoran yang tidak dapat hilang
Menyebabkan karatan pada mesin cuci.


3. Air untuk MCK (Mandi Cuci Kakus)
Kebutuhan membarsihkan diri merupakan salah satu hal wajib dilakukan seseorang dalam kehidupan sehari – hari. Muali dari mandi, BAB, kencing dan sekedar cuci muka. Mungkin beberapa orang tidak terlalu memusingkan jenis air yang mereka pakai untuk keperluan MCK, padahal sebenarnya air yang digunakan untuk MCK memiliki standar tersendiri. Memang tidak perlu se-higienis air minum namun tetap saja air yang buruk akan menimbulkan dampak negatif. 

Dampak negatif pengguaan air buruk untuk MCK, antara lain :
- Gatal – gatal
- Alergi
- Iritasi
- Kulit berubah kusam

Jadi syarat air yang baik untuk digunakan adalah air yang 
1. Tidak berbau
2. Tidak berasa
3. Tidak berwarna
4. Rasanya tawar
5. Tidak keruh
6. Derajat keasaman aman
7. Bebas bakteri pathogen 
8. Jernih
9. Suhu normal
10. Bebas endapan
11. Bebas zat kimia arsenic

Lalu air sumur itu tergolong kedalam air yang layak pakai atau tidak ?

Sumur sendiri memiliki banyak macam, antara lain :
Sumur Gali
Sumur gali merupakan sumur yang dibuat secara manual dengan tenaga manusia. Caranya dengan menggali tanah dengan kedalam tertentu sampai mengeluarkan air. Pembuatannya masih tradisioanal dan memiliki resiko yang tinggi. Biasanya air akan keluar dengan kedalaman diatan 5 meter. 
Sumur gali terdiri dari beberapa bagian.
a. Bagian bawah dimana air keluar kemudian mengumpul sampai ketinggian tertentu
b. Bagian atas terdiri dari bibir sumur, pagar pengaman yang di pasang di bibir sumur, tiang penyangga dan alat kerek berupa katrol.
c. Alat pompa tangan

Sumur resapan
Sumur resapan berfungsi untuk menampung air hujan agar masuk kedalam tanah dan mengendap untuk nantinya mengalir kedalam sumur pengambilan air. Biasanya orang perkotaan dengan komplek rumah yang sempit menggunakan sumur ini untuk mengurangi aliran air di permukaan tanah sehingga tidak terjadi banjir. Dan juga bisa menambah pasokan air sumur mereka. 
Manfaat sumur resapan :
1. Mencegah terjadinya banjir dan genangan air.
2. Mengurangi konsentrasi pencemaran air tanah.
3. Dapat membantu menahan intrusi air laut untuk daerah yang berada dekat dengan pantai.
4. Mempertahankan dan meningkatkan tinggi permukaan air tanah.
5. Mengurangi erosi dan sedimentasi
6. Mencegah penurunan tanah

Sumur Bor
Berbeda dengan dua jenis sumur lainnya, sumur bor tergolong lebih canggih dalam pembuatannya. Mengandalkan mesin besar untuk menggali tanah dan menemukan sumber air yang pas, untuk kedalaman sumur yang baik mencapai 50-60 meter. Setelah mengelurakan air untuk menahan agar galian tidak longsor, sumur dimasukan pipa yang berguna untuk menyedot air yang kemudian di salurkan kedalam penampungan air. Pembuatan sumur bor lebih mudah, aman dan cepat sehingga sangat efesien. 
Jaman sekarang hampir setiap pembuatan sumur menggunakan alat bor agar lebih efesien. Baik di kota maupun di desa. Jika ingin membuat sumur bor, hubungi nomor kami ke Telp/WA/SMS +62 852-2792-0000 

Komentar