Jasa Tukang Sumur Bor di Purwokerto | +62 852-2792-0000

Jasa Tukang Sumur Bor di Purwokerto | +62 852-2792-0000

Jasa Tukang Sumur Bor di Purwokerto – Kebutuhan air bersih sudah menjadi suatu kebutuhan bagi makhluk hidup terutama manusia. Tanpa adanya air makhluk hidup tidak akan bisa hidup dan menjalankan aktifitas seperti biasanya karna pada dasarnya semua jenis kegiatan manusia atau makhluk hidup tidak akan jauh-jauh dari yang namanya air. Dari mulai hal yang bersifatnya primer misalnya minum dan memasak, sampai dengan aktivitas lainnya seperti mandi, mencuci pakaian, kendaraan dan lainnya tidak akan luput dari yang namanya air.

Namun begitu, dengan perkembangan zaman yang sudah sangat maju ini terutama di daerah kota seperti daerah Purwokerto, mendapatkan air bersih tidak lah mudah karena seiring dengan pemakaian air bersih dengan volume atau jumlah yang besar kian menipis didaerah kota tersebut. Air bersih baru bisa di dapatkan dengan cara membuat sumur bor dengan kedalam tertentu. Mulai dari kedalaman 30 meter sampai di atas 100 meter kedalamannya.

Seperti yang saat ini sedang banyak di beritakan di media cetak maupun elektronik, beberapa kecamatan di Purwokerto sudah mulai rawan akan persediaan air bersih. Hal ini dikarenakan penggunaan air bersih yang dilakukan pabrik-pabrik yang didirikan di daerah pemukiman masyarakat sudah semakin banyak. Sehingga sumur air masyarakat yang biasanya menyediakan air bersih, kini semakin mengering terlebih lagi jika sudah memasuki musim kemarau. Sehingga menyebabkan masyarakat harus menggali sumur lebih dalam lagi agar persediaan air bertambah.

Jasa Sumur Bor Purwokerto

Salah satu cara yang digunakan yaitu dengan cara membuat sumur bor untuk mendapatkan air bersih. Cara ini merupakan cara yang paling efektif untuk mendapatkan air bersih, untuk memenuhi kebutuhan air bersih terutama untuk daerah perkotaan yang sudah kesulitan untuk mendapatkan air bersih dan juga jauh dari daerah pegunungan. Mungkin sudah tidak asing lagi jika kita mendengar bahwa mereka yang tinggal di daerah yang dekat dengan pegunungan akan dengan mudah mendapatkan air karena pemukiman yang mereka tempati dekat dengan sumber mata air.

Bagi Anda yang ingin membuat sumur bor terutama untuk tempat hunian rumah tinggal atau semacamnya, tentu Anda akan membutuhkan jasa yang menyediakan jasanya untuk membuat sumur bor. Anda dapat menghubungi kami untuk membantu Anda dalam membuat sumur bor untuk mendapatkan persediaan air bersih. Kami menyediakan nya dengan berbagai macam jenis kedalaman sesuai dengan kebutuhan Anda semua.

Bila Anda ingin membuat sumur bor maka proses pembuatan menjadi satu hal yang harus Anda perlu ketahui. Berikut ini kami akan memberikan beberapa tahapan dalam pembuatan sumur bor yang perlu Anda ketahui.

Tahapan Pembuatan Sumur Bor

1. Persiapan pengeboran 

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu persiapan sebelum melakukan perngeboran untuk membuat sumur bor dengan menyiapakan alat-alat berupa mesin dan merangkainya supaya siap digunakan untuk pengeboran.

2. Proses pengeboran 

Hal pertama yang dilakukan untuk membuat sumur bor yaitu dengan cara mengebor menggunakan pipa besi sepanjang 2 atau 3 yang ujungnya dipasang dengan mata bordan diputarkan dengan mesin penggerak untuk dapat menembus tanah. Pipa besi ini tetap dipasang setiap kedalaman sudah mencapai 2 atau 3 meter dengan bantuan sirkulasi air untuk mengangkat material tanah atau batu yang telah di bor.

3. Pemasangan pipa jamban atau cassingan

Setelah pengeboran mendapat kedalaman yang di inginkan barulah tahap pemasangan cassingan atau pipa jamban yang berbahan pvc atau pipa besi gunanya untuk menahan lubang supaya tidak menutup kembali.

4. Pengurasan sumur 

Proses ini dilakukan untuk membersihkan sisa-sisa material didalam sumur yang telah dibor supaya tidak terlalu jenuh dengan menggunakan air bersih dimasukan kedalam lubang sumur sebelum dipasangkan pompa air.

Jasa Tukang Sumur Bor di Purwokerto | +62 852-2792-0000

5. Pemasangan pompa air

Setelah lubang sumur dipasang dengan cassingan dan sumur telah bersih barulah dapat di pasangkan pompa air, jenis pompa air yang di pasangkan di sesuaikan dengan jenis sumur atau kedalam sumur.

6. Penjernihan air 

Tahap yang terakhir yaitu penjernihan air sumur setelah di pasang pompa air, karena air yang di sedot oleh pompa air tidak selalu langsung jernih dan tidak kotor sesuai dengan yang di inginkan.
Itu lah tahap-tahap dalam pembuatan sumur bor. Tahapan-tahapan diatas sangat cocok jika sumur yang Anda buat memiliki bebatuan di dalam sumur tanahnya.

Selain itu yang perlu di perhatikan dalam pembuatan sumur bor yaitu 

1. Biaya operasional pembuatan 
Seperti yang kita tahu bahwa pembuatan sumur bor untuk daerah kota memerlukan biaya operasional tersendiri. Hal ini di berikan sebagai ongkos untuk pihak seperti tukang untuk membuat sumur bor.

2. Biaya operasional penggunaan 
Pada saat pembuatan sumur bor biaya yang Anda keluarkan relatif yang sesuai dengan pemakaian nya. Secara umun sumber air termurah dengan biaya operasioanal paling rendah yaitu dengan memanfaatkan air tanah.

3. Lahan yang di butuhkan
Untuk sumur bor didaerah perkotaan, Anda tak membutuhkan luas lahan yang banyak. Dengan ukuran yang tidak terlalu besar bahkan kecil pun Anda sudah dapat membuat sumur bor. Penerapan ini tentu saja sangat sesuai dengan tanah yang berada di perkotaan yang memang bisa dibilang sempit.

Jika Anda tertarik untuk membuat sumur bor Anda dapat menghubungi nomor +62 852-2792-0000 untuk informasi lebih lanjut mengenai pembuatan sumur bor di daerah Purwokerto dan sekitarnya.

Komentar